Selasa, 12 November 2013

Apa Sih Enaknya Kuliah di STIS

Kalau ditanya apa enaknya kuliah di STIS ini dia beberapa keunggulannya:

1. Kuliah Gratis
Gedung Baru STIS
gedung STIS credit

    Jelas STIS adalah Perguruan Tinggi plat merah alias kedinasan.  Uang kuliah ditanggung oleh Badan Pusat Statistik melalui APBN. Dulu waktu saya mendaftar tahun 2004 saya hanya membayar biaya pendaftaran 150 ribu dan setelah diterima saya membayar uang magradika dan seragam hanya 750 ribu rupiah (kalau nggak salah) setelah itu kita bisa belajar dengan nyaman tanpa memikirkan uang SPP. Paling-paling yang kita perlukan adalah uang untuk makan, fotocopy bahan ajar dosen, uang untuk membeli buku dan uang lain-lain untuk belanja kebutuhan kita.


2. Dapat uang saku




    Selain kuliahnya gratis mahasiswa dan mahasiswi STIS juga menerima uang saku. besarannya untuk saat ini saya kurang tahu. Tapi zaman saya dulu terjadi kenaikan yang signifikan dari 150 ribu sebulan di tingkat I sampai menjadi 450 ribu per bulan waktu saya tingkat empat. Kalau sekarang mungkin sudah sekitar 750 ribuan per bulan kali ya mengikuti inflasi.



3. Setelah lulus langsung kerja


   Setelah lulus kita tidak perlu pusing memikirkan pekerjaan. Ingat kita sekolah dibiayai oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dan ketika lulus kita wajib mengabdi kepada instansi yang telah membiayai kita selama 2n+1 masa pendidikan (tertuang dalam surat perjanjian dinas). Meskipun sekarang lulusan STIS wajib mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) tapi tetep yakin kok semua bakal lulus dan bisa bekerja di BPS.

4. Menikmati megahnya ibukota Jakarta


    Minimal empat tahun kita akan tinggal di Jakarta. Karena letak kampus ini ada di Jl Otista Kampung Melayu. Nah selama empat tahun ini selain belajar kita juga bisa menjelajah ibukota Jakarta. Kalau selama ini hanya melihat Monas di TV sekarang kita bisa bekunjung langsung. Atau pengen keliling Nusantara bisa ke Taman Mini Indonesia Indah. Pingin nonton, jangan khawatir biskop banyak disini. Mau beli oleh-oleh? Apa aja ada. Pokoknya apa aja ada di Jakarta tapi siap-sipa dengan kemacetannya yang akan banyak menghabiskan waktu ya.
Punya teman dari seluruh Indonesia

5. Memiliki Teman dari seluruh penjuru Nusantara

   Di STIS kita akan mempunyai teman mulai dari Aceh hingga Papua, pokoknya komplit. Dan kalau acara Dies Natalis kita bisa mengunjungi stand daerah yang telah menyajikan makanan khas daerahnya masing-masing. Jadi bisa icip-icip masakan juga dari seluruh nusantara.

Berminat? 
 Tiap tahun STIS membuka pendaftaran mahasiswa baru. Biasanya pendaftaran dimulai sekitar bulan April. Pengumuman pendaftaran mahasiswa baru ini bisa dilihat di web berikut http://stis.ac.id/admission.html Nah biasanya juga pihak BPS Provinsi juga menyediakan buku untuk belajar memecahkan soal yang biasa diujikan di Ujian Masuk STIS yang disusun oleh mahasiswa dan mahasiswi STIS. Nah kalau memang sudah niat menjadi statistisi di BPS yuk belajar dari sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar